PENGERTIAN,
FUNGSI DAN PERANAN KURIKULUM
DISUSUN OLEH
:
Nama :
ASWATI
Nim : 2221121663
PRODI
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SULTAN AGENG TIRTAYASA
2014
PENGERTIAN FUNGSI DAN PERANAN KURIKULUM
1.
Pengertian Kurikulum
Dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran
(subject) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program
pembelajaran untuk memperoleh penghargaan yang berupa ijazah. Dari
pengertian tersebut, dalam kurikulum terkandung dua hal pokok,yaitu : (1).
adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dan (2).
Tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh ijazah.
Sementaraitu, Purwadi (2003) memilahPengertiankurikulum :
a) kurikulumsebagai ide
b) kurikulum formal berupadokumen yang
dijadikansebagaipedomandanpanduandalammelaksanakankurikulum
c) kurikulummenurutpersepsipengajar
d) kurikulumoperasional yang
dilaksanakanataudioprasionalkanolehpengajar di kelas
e) kurikulum experience yaknikurikulum
yang dialamiolehpesertadidikdan
f) kurikulum yang
diperolehdaripenerapankurikulum.
2.
Fungsikurikulum
Bagi guru,
kurikulumberfungsisebagaipedomandalammelaksanakan proses pembelajaran.
Bagikepalasekolahdanpengawas, kurikulumberfungsisebagaipedomandalammelaksanakan supervise ataupengawasan. Bagi orang tua,
kurikulumberfungsisebagaipedomandalammembimbinganaknyabelajar di
rumah.Bagimasyarakat,
kurikulumberfungsisebagaipedomanuntukmemberibantuanbagipenyelenggaraan proses
pendiddikan di sekolah. Bagisiswaitusendiri, kurikulumberfungsisebagaipedomanbelajar.
Berkaitandenganfungsikurikulumbagisiswasebagaisubjekdidik,
terdapatenamfungsikurikulum, yaitu :
a. FungsiPenyesuaian ( the adjustive or
adaptive function )
Kurikulumharusmampumengarahkansiswa
agar
mampumenyesuiaankandirinyadenganlingkunagnbaiklingkunganfisikmaupunlingkungansosial.
b. FungsiIntegrasi ( the integrating
function )
Kurikulumbermaknasebagaialatpendidikanharusmampumenghasilkanpribadi-pribadi
yang utuh, untukdapathidupdanberintegrasidenganmasyarakat.
c. FungsiDiferensiasi ( the
differenting function )
Kurikulumbermaknasebagaialatpendididkanharusmampumemberikanpelayananterhadapperbedaanindividusiswa.
d. FungsiPersiapan ( the propedeutic
function )
Kurikulumbermakanasebagaialatpendidikanharusmampumempersiapkansiswauntukmelanjutkanstudikejenjangpendidikanselanjutnya.
e. FungsiPemilihan ( the selective function
)
Kurikulumbermaknasebagaialatpendidikanharusmampumemberikesempatankepadasiswauntukmemilih
program belajar yang sesuaidengankemampuandanminatnya.
f. FungsiDiagnostik ( the diagnostic
function )
Kurikulumbermaknasebagaialatpendidikanharusmampumembantudanmengarahkansiswauntukdapatmemahamidanmenerimakekuatan
(potensi) dankelemahan yang dimilikinya.
3.
PerananKurikulum
Kurikulummemilikiperanan yang
sangatsetrategisdanmenentukandalampencapaiantujuanpendidikan.Terdapattigaperanan
yang dinilaisangatpenting, yaitu :
a. PerananKonservatif
Menekankanbahwakurikulumitudapatdijadikansebagaisaranauntukmentrasmisikannilai-nilaiwarisanbudayamasalalu
yang dianggapmasihrelevandenganmasakinikepadagenerasimuda
b. PerananKreatif
Menekankanbahwakurikulumharusmampumengembangkansesuatu
yang barusesuaidenganperkembangan yang
terjadidankebutuhan-kebutuhanmasyarakatpadamasasekarangdanmasamendatang.
c. PerananKritisdanEvaluatif
Perananinidilatarbelakangiolehadanyabudaya
yang hidupdalammasyarakatsenantiasamengalamiperubahan, sehinggapewarisannilai-nilaidanbudayamasalalukepadasiswaperludisesuaikandengankondisi
yang
terjadipadamasasekarang.Menekankankurikulumharusturutaktifberfatisipasidalamkontrolatau
filter sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar